Minggu, 06 Januari 2013

PENDIDIKAN AGAMA PADA ANAK USIA DINI


Pentingnya Pendidikan Agama Pada Anak Usia Dini
Konon,….anak adalah kertas putih yang akan dituliskan oleh para orangtua,….hitam, putih, merah atau abu-abu kah mereka, orangtua punya andil besar dalam menuliskannya…….
Ada perumpamaan yang mengatakan bahwa belajar diwaktu kecil bagai mengukir diatas batu, dan belajar sesudah dewasa bagai mengukir diatas air. Perumpamaan ini juga merupakan hadis yang diriwayatkan oleh Ath Thabarani dalam Mu’jam Al Kabir. Hadist dan perumpamaan ini menganjurkan supaya kita mendidik dan mengajarkan anak anak kita sejak dini, karena sejatinya manusia dilahirkan dalam kondisi yang sangat lemah dan tidak berdaya, untuk bisa hidup normal dia sangat bergantung kepada kedua orangtuanya, selain susu dari ibunya setiap manusia juga membutuhkan kasih sayang, perlindungan, dan pendidikan untuk melanjutkan hidupnya.
Kecenderungan potret kehidupan keluarga zaman sekarang sebagian lebih mementingkan pendidikan duniawi pada anak ketimbang memikirkan pendidikan agama bagi anak anaknya. Itu tidak bisa dipungkiri karena para orangtua takut jikalau anak mereka tidak dapat bersaing dalam mencari pekerjaan untuk masa depannya. Tidak dapat dipungkiri pula kemajuan teknologi menimbulkan persaingan yang sangat ketat masa ini, yang mengharuskan kita para orangtua wajib membekali diri anak anak kita dengan ilmu dan skill yang memadai, tetapi kemudian apakah kita mengesampingkan pendidikan moralnya ? ….
Tahun 2009 merupakan tahun dicanangkannya Pendidikan Agama Usia Dini, yang ditetapkan oleh Menteri Agama Muhammad Maftuh Basyuni. Menurut beliau pendidikan agama yang dilakukan sejak dini menjadikan anak didik tidak hanya memperoleh pemahaman agama dengan benar, tetapi juga anak dapat terhindar dari bahaya pengaruh negatif seperti narkoba dan lain sebagainya. Dan Menteri agama tidak meyakini jika seseorang memperoleh pemahaman agama dengan benar akan melahirkan fanatisme yang berlebihan, pendidikan agama sejak dini juga menciptakan anak memahami segala bentuk perbedaan dari setiap agama yang ada. Juga menjadikan anak memahami bahwa setiap agama tidak mengajarkan sesuatu yang negatif. Jangankan berlainan agama terkadang satu agamapun banyak kita temui tentang pemahaman agama dan cara pandang yang berbeda. Mengapa pula kita tidak melihat semua perbedaan itu menjadi keragaman yang indah, dan menjelaskan kepada para penerus atau anak anak kita bahwa perbedaan itu adalah indah. Pemahaman akan hal ini lebih mudah ditanamkan dan diajarkan bila kita berada di negara kita sendiri, dan pertanyaan sekarang yang muncul sekarang bagaimana cara mengajarkan anak di usia dini bila kita berada di luar negeri dengan segala perbedaan culture yang ada. Karena di Indonesia segalanya lebih memungkinan untuk kita para orangtua dalam memberikan pendidikan agama sejak dini untuk anak kita dengan segala suasana dan aura keagamaan yang lebih terasa, sebagai contoh: sejak dia lahir, kita sudah mengenalkan dia tentang agama,…. dengan kita melafadzkan adzan ditelinga mungilnya. Kemudian setelah dia balita kita perkenalkan dengan islam melalui dongeng sederhana tentang para nabi dan rasulnya dan kemudian setelah dia bisa mengerti mengapa orang Islam itu perlu shalat, kita contohkan dan ajarkan sedikit demi sedikit tata cara bershalat, selanjutnya mereka kita ajarkan berpuasa di bulan Ramadhan perlahan lahan, dan yang terpenting lagi banyak panduan dan tayangan televisi yang mendidik yang membantu kita mengenalkan agama sejak dini pada buah hati kita. Ini adalah pengajaran dan pemahaman yang berasal dari rumah sebelum anak tersebut memasuki pendidikan di sekolah yang dengan mudah kita lakukan di Indonesia. Dan bila kita tidak memiliki pengetahuan agama yang cukup buat anak, kita bisa memanggil guru privat atau memasukkannya di sekolah agama di luar dari sekolah formal.
Pendidikan dan Pengajian bagi anak Indonesia di London
Pertanyaan diatas tentang bagaimana mengajarkan dan mencari ilmu agama untuk anak pada usia dini telah menemukan solusinya bagi kita yang berada di London, semua yang dengan mudah kita lakukan di Indonesia tidak menutup kemungkinan pula bisa dengan mudah dilakukan di luar negeri. Di London misalnya, ada perkumpulan pengajian yang khusus diperuntukan bagi warga Indonesia yang tinggal di London.
Perkumpulan yang didirikan atas dukungan dari para sesepuh dan tokoh agama islam di London al: Bp. Jamal, Bp. Ibrahim, Bp. Royandi dan Bp. Azhari ini adalah cikal bakal dari dibukanya pengajian yang diperuntukan bagi anak anak Indonesia yang berada di London. Pada tanggal 1 Agustus 2009 yang lalu telah dibuka pengajian anak anak yang diprakarsai oleh bapak Jamal sebagai sesepuh dari The Indonesian Islamic Centre. Dengan begitu bagi pada orangtua yang mempunyai anak-anak yang ingin ikut bergabung dalam pengajian yang merupakan program dari The Indonesian Islamic Centre ini bisa datang ke alamat : 22 Wakemans Hill Avenue, NW9 OTY, Kingburry-London, pada setiap Sabtu, jam 10 pagi, disana ada Ibu Fadilah yang akan siap mengajari anak anak kita dalam mengenal ilmu agama diusia dini mereka.
Beruntung, karena atas kerjasama KBRI dan masyarakat Indonesia yang ada di London maka kita tidak kesulitan mencari tempat untuk anak anak Indonesia dalam menuntut ilmu agama sejak dini, semoga semua tujuan yang baik atas apa yang kita lakukan untuk anak sebagai penerus bangsa dapat tercapai. Amien…….

0 komentar:

Poskan Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

visitor

Diberdayakan oleh Blogger.

kamus

Cari Blog Ini

Memuat...
 

Followers

Labels

 

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger